Jumat, 05 Agustus 2016

fred D. Pasley "Samuel leibowetz : pengacara kaum tertindas"

Samuel Leibowitz sebuah buku yang menceritakan tentang kehidupan seorang pengacara yang idealis pada tahun 1920-an. dia mencoba menyelesaikan kasus dengan cara yang berbeda, bahkan dia berani mengambil kasus yang sudah dianggap tidak mngkin untuk diselesaikan. dalam karirnya sebagai seorang pengacara dia telah menyelamatkan lebih dari 70 orang terdakwa yang akan dihukum mati di kursi listrik.

dalam buku ini dia pernah tergugah untuk menjadi pengacara seseorang yang bernama Harry L. Hoffman yang telah diproses di pengadilan selama 5 tahun, akhirnya dia mengirim sebuah surat dengan kartu pos murahan kepada Leibowitz, dan leibowitz mau membantunya tanpa bayasan apapun. ketika dia didatangi di penjara sing sing, Leibowitz berkata "aku akan membantu dengan bayaran seharga kartu pos yang kau kirimkan."

dalam menyelesaikan kasus-kasusnya Leibowitz akan memainkan peran-peran kecil untuk mengarahkan para juri dan bahkan hakim, sehingga dia bisa merubah aur pikiran mereka dengan gayanya yang begitu embut dan sabar dalam persidangan.

namun sangat disayangkan dalam buku ini kita tidak akan disuguhkan bagaimana dia memainkan perannya dalam menafsirkan pasal-pasal yang berkaitan dengn persidangan tersebut. mungkin ketika kita mendengar nama seorang pengacara, kita akan membayangkan bagaimana dia beretorika dengan penafsiran terhadapap pasal-pasal di dalam undang-undang. namun tiadak dengan buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar